Home Hewan Mengapa Ular Tidak Terbunuh Oleh Racunnya Sendiri?

Mengapa Ular Tidak Terbunuh Oleh Racunnya Sendiri?

by taukahkamu.com
ular kobra

taukahkamu.com– Ular termasuk dalam kelompok reptilia tidak berkaki dan bertubuh panjang yang tersebar di seluruh dunia. Secara ilmiah, semua jenis ular dikelompokkan dalam satu subordo, yaitu Serpentes dan juga anggota dari ordo Squamata (reptilia bersisik) bersama dengan kadal. Hanya saja, ular (Serpentes) sendiri diklasifikasikan pada cabang Ophidia, yaitu segolongan reptilia-reptilia dengan atau tanpa kaki, memiliki tubuh panjang dan fisiologis yang sangat berbeda dengan kadal. Dan seperti yang kita ketahui bersama, ular merupakan salah satu hewan yang memiliki racun untuk melindungi diri dari musuh-musuhnya. Lalu yang menjadi pertanyaan, mengapa racun ular tidak membunuh dirinya sendiri? Padahal racun ular sanggup membunuh mangsa maupun musuhnya dengan mudah.

Protein Khusus

Ular memiliki protein khusus yang tersimpan didalam kepalanya. Protein khusus ini berfungsi untuk mengikat sekaligus menjinakkan racun yang ada didalam tubuh ular sehingga racun dapat berdampingan dengan sel-sel dalam tubuh ular. Nah ketika racun ini dikeluarkan oleh ular melalui taringnya, otomatis pada saat bersamaan racun akan terlepas dari protein khusus ini sehingga menjadi mematikan bagi yang terkena racun ini.

Nah sekarang sobat tau kan mengapa racun ular tidak membunuh ular itu sendiri?

Makanan Ular

Ular termasuk dalam hewan karnivora. Ini berarti ular juga memangsa berbagai jenis hewan lainnya. Ular pohon dan ular darat lain biasanya memangsa burung, mamalia, kodok, dan berbagai jenis reptil lainnya berikut telur-telurnya. Ular berukuran besar seperti ular sanca dapat memangsa hewan berukuran besar seperti kambing, rusa dan bahkan manusia. Sedangkan ular yang hidup di perairan biasanya memangsa ikan, kodok, berudu, dan bahkan telur ikan. Ular akan memangsa seluruh mangsanya tanpa tersisa sedikitpun. Bahkan ular mampu mengkonsumsi mangsa yang memiliki ukuran tiga kali lebih besar dari diameter kepalanya. Hal ini dikarenakan rahang ular berada di posisi lebih rendah dan terpisah dari rahang atas. Selain itu, ular memiliki gigi yang menghadap kebelakang yang berfungsi menahan atau mencagah mangsanya lepas dari mulutnya. Hmmm.. menarik ya sobat..

Related Posts

Leave a Comment