Home Hewan Mengapa Ikan Mati Jika Berada di Luar Air?

Mengapa Ikan Mati Jika Berada di Luar Air?

by taukahkamu.com
ikan by kkp_go_id

taukahkamu.com – Hayo disini siapa yang tidak tahu ikan sama sekali? Itu lho salah satu makhluk hidup yang hidupnya di dalam air. Nah jika sudah tahu kira-kira sobat semua tahu ga mengapa ikan bisa mati jika berada di luar air?

Seputar Ikan

Ikan termasuk anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernafas dengan insang. Ikan juga merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 yang tersebar di seluruh dunia.

Ikan dapat ditemukan baik di air tawar, air payau maupun air asin dengan kedalaman yang bervariasi mulai dari permukaan air hingga ribuan meter di bawah permukaan air. Hanya saja, untuk danau dengan tingkat asin yang ekstrem seperti Great Salt Lake tidak dapat menghidupi ikan. Lalu ada juga beberapa spesies ikan yang dibudidayakan dan dipelihara untuk hiasan dalam akuarium yang sekarang kita kenal sebagai ikan hias.

Pernafasan Ikan

Semua makhluk hidup membutuhkan oksigen ketika bernafas. Di dalam air, Ikan memperoleh oksigen dengan cara menyedot air dengan mulut kemudian meneruskannya melalui insang. Insang akan menyerap oksigen yang terkandung dalam air kemudian menggantikannya dengan karbon dioksida. Air tersebut kemudian keluar kembali dan begitu seterusnya. Nah insang ini hanya berfungsi apabila berada di dalam air. Itulah mengapa, ikan akan mati apabila terlalu lama berada di luar air. Begitulah penjelasannya sobat semua. Nah sekarang jadi tahu kan mengapa ikan mati jika berada di luar air?

Kandungan Gizi Ikan

Ikan memiliki kandungan manfaat yang beragam dan bisa menjadi salah satu sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat gizi seperti:

  • Protein, untuk mendukung perkembangan anak, sistem imun tubuh, dan juga seluruh struktur tubuh termasuk otot, kolagen, dan rambut.
  • Asam Lemak Esensial tidak jenuh, untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol. Beberapa jenis ikan laut seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel mengandung asam lemak Omega 3.
  • Vitamin A, untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh, kesehatan mata dan kulit, serta mencegah penurunan sistem imunitas tubuh.
  • Vitamin B, untuk kecerdasan otak anak termasuk membanu metabolisme asam amino dan lemak, serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
  • Vitamin D, untuk mencegah defisiensi sekaligus menjaga kesehatan tulang.
  • Kalsium, untuk kekuatan gigi dan tulang, membantu kinerja sinyal sel-sel dalam tubuh.
  • Magnesium, untuk pembentukan tulang yang kuat, menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes tipe 2, dan menjaga fungsi otot.
  • Zat Besi, untuk mengurangi risiko anemia, membantuk kerja enzim dan hormon.
  • Selenium, untuk mencegah kerusakan DNA akibat radiasi atau bahan/zat kimia, sumber antioksidan yang baik sekaligus membantu produksinya didalam tubuh.

Related Posts

Leave a Comment